Manfaat Labu Siam, Bantu Turunkan Gula Darah Hingga Cegah Kanker

Kamu pasti sudah tidak asing dengan manfaat labu siam kan? Tanaman dengan nama ilmiah Sechium edule ini cukup populer bagi masyarakat Indonesia, karena sering disajikan dalam sayur atau direbus langsung dengan kulitnya untuk dijadikan lalapan.

Rasanya yang enak dan sedikit manis membuat sayuran sangat cocok untuk dicampur ke beberapa menu sayuran yang pastinya menyehatkan. Mulai dari sayur lodeh, sayur asem, lontong sayur, hingga tumis labu, labu siam bisa dikatakan sebagai salah satu makanan favorit banyak orang. Namun, Kamu pasti bertanya-tanya, apakah ada manfaat labu siam untuk kesehatan?

Labu siam adalah sejenis sayuran yang masuk dalam keluarga labu Cucurbitaceae. Tanaman ini awalnya berasal dari Meksiko tengah dan berbagai bagian Amerika Selatan, namun kini labu siam dapat ditemukan pada banyak tempat di seluruh dunia. Di beberapa negara lain, labu siam dikenal juga sebagai mirliton squash atau chocho.

Labu siam sarat dengan berbagai nutrisi dan senyawa antioksidan yang memberikan banyak manfaat kesehatan potensial. Manfaat labu siam rebus juga lebih banyak lagi, karena seperti yang Kamu sudah ketahui, merebus adalah salah satu cara pengolahan makanan yang cukup sehat dan tidak menghilangkan nutrisi di dalamnya.

Labu siam menawarkan banyak manfaat kesehatan karena ia sangat kaya akan vitamin, mineral, dan serat esensial. Mengutip USDA Food Composition Databases dalam sebuah labu siam tunggal (203 gram) ada beberapa nutrisi yang terkandung di dalamnya, antara lain:

  • Kalori: 39
  • Karbohidrat: 9 gram
  • Protein: 2 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Serat: 4 gram – 14 persen dari kebutuhan harian
  • Vitamin C: 26 persen dari kebutuhan harian
  • Vitamin B9 (folat): 47 persen dari kebutuhan harian
  • Vitamin K: 10 persen dari kebutuhan harian
  • Vitamin B6: 8 persen dari kebutuhan harian
  • Mangan: 19 persen dari kebutuhan harian
  • Tembaga: 12 persen dari kebutuhan harian
  • Seng: 10 persen dari kebutuhan harian
  • Kalium: 7 persen dari kebutuhan harian
  • Magnesium: 6 persen dari kebutuhan harian

Di samping kepadatan nutrisinya, labu siam juga rendah kalori, lemak, dan natrium. Sehingga ia cocok untuk dijadikan menu harian bagi Kamu yang ingin menurunkan berat badan.

Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan

Berikut ini manfaat labu siam yang wajib Kamu ketahui:

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Makan labu siam dapat memengaruhi beberapa faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan aliran darah yang buruk. Penelitian pada hewan dan tabung reaksi menunjukkan bahwa senyawa labu siam dapat membantu mengendurkan pembuluh darah, sehingga meningkatkan aliran darah dan mengurangi tekanan darah.

Selain itu, mengutip U.S. National Library of Medicine, myricetin yang merupakan antioksidan utama dalam labu siam, juga telah terbukti menurunkan kolesterol dalam beberapa penelitian pada hewan.

Selain itu, manfaat labu siam menjadi sumber serat yang baik, yang mana ia menyediakan sekitar 14 persen kebutuhan serat harian. Asupan makanan kaya serat yang lebih tinggi seperti labu siam ini dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung.

2. Mengontrol Gula Darah

Labu siam adalah makanan rendah karbohidrat total dan tinggi serat larut, alhasil manfaat labu siam bisa membantu mengatur kadar gula darah. Serat larut pada labu siam rebus ini akan memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat, yang kemudian akan mengurangi respons gula darah setelah makan.

Melansir jurnal yang diterbitkan Academy of Nutrition and Dietetics, disebutkan bahwa labu siam juga dapat meningkatkan kontrol gula darah dengan memengaruhi insulin (hormon yang mengatur kadar gula darah).

Itu tadi manfaat mengonsumsi labu siam untuk tubuh. Bagi Kamu yang ingin membeli labu siam dengan kualitas terbaik dan segar dapat membelinya di TaniHub.

TaniHub merupakan tempat belanja sayur dan buah online terbaik saat ini. Produk yang dijual pun sangat beragam, selain labu siam, di TaniHub juga menjual buah, sayur, bumbu, telur & unggas, kebutuhan masak hingga sembako.

Belanja di platform ini pun terbilang sangat mudah, cukup akses websitenya di https://TaniHub.comĀ  atau download aplikasinya di Play Store dan AppStore. Pesan produk yang Kamu inginkan, bayar dan tinggal tunggu #dirumahaja, kurir TaniHub akan langsung mengantarkannya.