Mengenal Mesin Jahit Neci Dan Perbedaannya Dengan Mesin Obras

Mengenal Mesin Jahit Neci Dan Perbedaannya Dengan Mesin Obras – Saat akan memproduksi sebuah pakaian, ada berbagai perlengkapan dan peralatan yang harus digunakan. Peralatan dan perlengkapan di dunia jahit sendiri terdiri dari berbagai jenis dengan berbagai ukuran.

Peralatan yang paling penting dalam dunia jahit pakaian adalah mesin jahit. Peralatan yang satu ini memiliki peranan yang sangat penting dalam proses produksi sebuah pakaian. Jika kualitas atau jenis mesin yang digunakan salah, maka hasil pakaian yang diproduksi juga tidak akan tampil dalam kualitas yang baik.

Mesin-mesin yang digunakan dalam rangka memproduksi pakaian juga terdiri dari beberapa jenis. Salah satu jenis mesin tersebut adalah mesin neci. Mesin neci sendiri merupakan jenis mesin yang berfungsi untuk menjahit tepian kain.

Beberapa kalangan yang masih awam terhadap dunia produksi pakaian sering salah membedakan antara mesin neci dengan mesin obras. Pada dasarnya kedua jenis mesin ini memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda.

Jika mesin obras berfungsi untuk merapikan tepian kain agar tidak mudah terurai, mesin neci berfungsi untuk menjahit tepian kain dan menutupnya agar kain terlihat lebih rapi. Mesin obras dan mesin neci memiliki fungsi dan bentuk yang berbeda sehingga kedua jenis mesin jahit ini sering digunakan berdampingan.

Proses produksi pakaian terlebih dahulu menggunakan mesin obras setelah proses pemotongan kain selesai. Fungsinya adalah untuk memastikan serat atau benang kain tidak terurai dan berakibat pada rusaknya kualitas kain sebelum dijahit.

Setelah menggunakan proses obras, beberapa bagian pakaian tertentu akan kembali dijahit menggunakan mesin neci agar pakaian tersebut tampil dengan ujung kain yang rapi. Mesin neci paling sering digunakan pada kain-kain yang lembut dan tipis seperti kerudung dan hijab.

Berbagai produk kerudung dan hijab bahkan ada yang dibuat hanya dengan di potong sesuai model lalu ujung kainnya dirapikan dengan menggunakan mesin neci. Dengan melalui proses neci ini, kerudung bisa tampil lebih rapi dan simetris sehingga kualitas kerudung membaik dan harga jual kerudung bisa ditingkatkan.

Mesin neci memiliki pengaruh yang besar terhadap tampilan sebuah pakaian. Hal inilah yang menyebabkan jenis mesin jahit listrik ini cukup banyak diminati oleh kalangan penjahit profesional. Dengan adanya mesin ini, para penjahit bisa memproduksi pakaian dengan kualitas tingkat tinggi untuk dijual kembali di pasaran.